Kali ini saya ingin membahas tentang sebuah fenomena bisnis online bernama "Paid Review" yang saya pikir keberadaanya merupakan salah satu ancaman terbesar bagi algoritma yang merupakan salah satu rahasia sukses search engine Google selama ini yaitu Google PageRank. Bagi kalian yang belum tahu apa itu Google PageRank, Google PageRank adalah sebuah algoritma atau perhitungan yang dilakukan Google untuk memutuskan halaman situs mana yang keberadaannya lebih penting dibandingkan halaman-halaman situs lainnya untuk suatu keyword tertentu misalnya "komputer" atau "tutorial".
Google PageRank melihat tingkat kepentingan suatu halaman situs dari berapa banyak situs-situs lain yang me-link-kan dirinya ke halaman situs tersebut. Link-link seperti itu disebut sebagai "Inbound links", semakin banyak inbound links-nya maka peluang halaman situs tadi berada di peringkat pertama hasil pencarian Google untuk suatu keyword tertentu semakin besar. Nah.. hal itulah yang menjadi ide awal lahirnya bisnis online bernama paid review ini, yaitu untuk menaikan PageRank suatu situs yang tentunya hal tersebut sangat diminati oleh para pemilik situs karena dengan PageRank tinggi maka posisi mereka di search engine Google menjadi lebih baik, yang berarti semakin besar pula traffic yang mereka dapatkan dari search engine Google.
Sama seperti pada bisnis online lainnya seperti "Pay Per Click Advertising", di paid review ini juga terdapat dua pihak yang berkepentingan yaitu Advertiser dan Publisher. Bedanya di program paid review ini para publisher tidak dibayar untuk memasang suatu kode iklan di situsnya, tetapi dibayar untuk menulis review tentang situs yang dimiliki oleh sang advertiser. Review-nya pun tidak asal review saja, ada beberapa ketentuan yang di-request oleh si advertiser misalnya seperti jumlah minimum kata yang harus ditulis oleh sang publisher di review-nya dan format link-nya seperti apa.
Mengapa saya mengatakan bahwa paid review ini merupakan ancaman terbesar bagi Google PageRank ?? karena saya sendiri kebetulan pernah mengikuti salah satu program paid review dan sempat menulis beberapa paid review di blog ini, dan saya melihat sendiri bukti keefektifan dari program paid review tersebut. Situs yang saya review dengan mudah mendapatkan PageRank 6 (dari nilai maksimum 10) dan posisi 2 di hasil pencarian Google untuk kata keyword yang bernilai sangat tinggi. Padahal jujur saja, layanan atau informasi yang disediakan oleh situs tersebut tidak terlalu berkualitas atau terlalu penting-penting amat kalau menurut saya.
Jadi kesimpulannya, program paid review merupakan ancaman terbesar untuk algoritma Google PageRank pada khususnya dan search engine Google pada umumnya. Karena untuk membedakan mana link yang benar-benar link orisinal atau link paid review memang cukup susah kalau dilihat dari kacamata seorang programmer (kebetulan saya juga seorang programmer), walaupun sebetulnya ada suatu teknik yang bisa dilakukan Google untuk mengantisipasi link-link paid review ini, namun tidak akan saya bahas di artikel ini.
0 komentar:
Posting Komentar